Selasa, 11 Desember 2012

Mr. Shimada : Langkah Pasti Menentukan Tujuan
[Bandung.] “Apa tujuan hidup yang ingin Anda capai ?” ucap Mr. Shimada seorang Choach dari Jepang, saat memulai Seminarnya.
Seminar Motivasi dan Pelatihan mungkin sangat sering di dengar dan dilakukan di UPI baik yang bertemakan kependidikan maupun nonkependidikan. Tapi kali ini berbeda, Seminar SSS BDG yang diadakan di Bandung UPI tanggal 11 Desember 2012 bertempat di Auditorium FPBS mengenai cara menemukan bakat yang sebenarnya anda miliki dan  meraih sukses dalam waktu 90 hari dengan cara melakukan hal-hal yang ingin anda lakukan untuk mencapai kebahagiaan mendapat perhatian khusus dari mahasiswa di UPI. Dari 108 orang mahasiswa yang hadir,  70% di dominasi dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang baik angkatan 2009-2012, dan 30% dari Jurusan lain termasuk Jurusan dari salah satu dari perwakilan 7 fakultas yang ada di UPI.
Meskipun Seminar ini mendatangkan pemateri langsung dari Jepang dan lebih banyak menggunakan bahasa Jepang, tidak menurunkan semangat mahasiswa Jurusan lain dalam menyimak setiap materi yang disampaikan Mr. Shimada. Ia memaparkan 7 langkah pasti untuk mencapai tujuan :
          1.         Mengetahui keberadaan (Posisi) Anda sekarang
          2.         Mengetahui (Tempat) tujuan Anda
          3.         Memperjelas alasan “Kenapa Anda ingin menuju kesitu?”
          4.         Membuat Action Plan yang jelas
          5.         Menghapuskan keyakinan yang membatasi diri Anda
          6.         Memilih “teman” untuk diri sendiri contohnya : (guru/mentor/coach)
          7.         Melanjutkan evaluasi
“Banyak hal yang didapat dari seminar SSS BDG, seminar ini banyak mengungkap rahasia sukses orang Jepang dalam meniti karienya, serta kita dapat menentukan target-target hidup kedepan dengan tujuan yang jelas” ungkap Anggun.  “Selain itu seminar ini banyak memberikan ilmu serta pemahaman baru bagi kita sebagai mahasiswa yang masih ragu-ragu dalam menentukan tujuan hidup yang akan dicapai” tambah Septia salah satu peserta seminar dari jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran saat di temui di sela-sela penutupan Seminar.
“Diharapkan dengan adanya seminar ini dapat memotivasi semua peserta yang hadir di ruangan ini, maka mulailah dari sekarang untuk memulai langkah pasti dalam menentukan tujuan hidup Anda” ujar Mr.shimada saat menutu Seminar SSS BDG.[Anggun Permatasari]-10].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar